Temuan 3 Kerangka di Situs Majapahit, Ini Kata Antropo「Blackjack Algorithm」log Forensik

  • 时间:
  • 浏览:0

"PerkirBlackjack Algorithmaan usia 20-30 tahun, dan tinBlackjack Algorithmggi sekitar 141-153 sentimeter," imBlackjack Algorithmbuh dia yang terlibat dalam penggalian sejak 9 Maret 2021.

Saat ditemukan, posisi kerangka yang diketahui berjenis kelamin perempuan itu cukup unik. Posisinya tengkurap.

Ketiga kerangka manusia itu ditemukan tim peneliti saat penggalian tahap ketiga. Kerangka manusia ditemukan pada kedalaman 60 sentimeter di sektor C situs Kumitir.

"Kondisi rangka manusia memang sudah fragmentaris, sudah pecah-pecah, Blackjack Algorithmwalaupun ada yang beberapa yang masih utuh. Penelitian masih sangat dasar, masih tahap menentukan ciri demografis saja," kata Toetik kepada Kompas.com dalam pesan singkatnya, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Soal Koin Emas Zaman Majapahit, Ini Imbalan Saat Temukan Benda Purbakala

Dilansir dari laman resmi Unair, Toetik mengatakan bahwa salah satu kerangka memang sudah mulai hancur di beberapa tempat.

Pakar Antropologi Forensik Universitas Airlangga (Unair) Dr. Phil. Toetik Koesbardiati yang ikut tergabung dalam penelitian mengatakan, satu dari tiga kerangka yang ditemukan relatif utuh secara struktural.

Namun, struktur kerangka dari tengkorak hingga kaki masih lengkap. Begitu juga dengan tulang rusuk, tulang punggung, dan lengan.

Dosen Antropologi Forensik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair ini menambahkan, berdasarkan pengamatan panggul dan tengkorak, kerangka yang masih utuh tersebut diketahui berjenis kelamin perempuan.

KOMPAS.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan tiga kerangka manusia di situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di kawasan Kumitir, Mojokerta, Jawa Timur pada Rabu (3/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Lokasi temuan tiga kerangka manusia ini tepatnya ada di sebelah barat tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Bendo, Desa Kumitir.