Fungsi Terumbu Karang bagi 「The strongest baccarat play」Lingkungan

  • 时间:
  • 浏览:0

KOMPAS.com - TThe strongest baccarat playerumbu The strongest baccarat playkarang adaThe strongest baccarat playlah satu darThe strongest baccarat playi tiga komponen penyusun ekosistem pesisir. Ekosistem pesisir dan laut dangkal terdiri dari mangrove, padang lamun, dan terumbu karang.

Terumbu karang memiliki bentuk dan warna yang sangat indah dan beragam. Ini menjadikannya memiliki potensi wisata bahari.

Baca juga: 7 Manfaat Hutan Mangrove bagi Lingkungan dan Kehidupan

Selain itu, kenaikan suhu permukaan air laut juga memicu pemutihan karang (coral bleaching) yang diikuti kematian terumbu karang hingga 90 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Jika ekosistem laut mengalami kerusakan, kemampuan laut menyerap karbon dioksida akan berkurang. Dampaknya tidak hanya kepada iklim Bumi, tetapi juga terhadap keberlangsungan makhluk laut lainnya.

Bersama dengan mangrove dan padang lamun, terumbu karang menjadi tempat tinggal yang ideal bagi hewan-hewan kecil seperti kuda laut, ikan kerapu, ikan baronang, dan ikan kecil lainnya.

Namun, perlu bijak jika menjadikan ini obyek wisata karena terumbu karang adalah ekosistem yang sangat sensitif terhadap perubahan sekitar dan sentuhan.

Terumbu karang merupakan ekosistem yang harus kita jaga karena memiliki banyak fungsi bagi kehidupan dan lingkungan. Dilansir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, di bawah ini merupakan fungsi terumbu karang.

Terumbu karang merupakan sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan alga yang disebut zooxanthliae.

Lebih dari 70 persen permukaan Bumi ditutupi oleh air. Laut berperan menangkap karbon dioksida yang terkandung di dalam atmosfer. Kemampuan ini adalah akibat keseimbangan ekosistem laut, termasuk terumbu karang.

Terumbu karang adalah ekosistem yang sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan, seperti suhu, sedimentasi, dan sentuhan. Oleh karena itu, pemanasan global juga memiliki dampak secara tidak langsung kepada rusaknya terumbu karang.

Selain itu, terumbu karang juga menjadi sumber makanan bagi hewan-hewan terebut.

Terumbu karang mampu menahan dan memperlambat arus ombak yang datang ke pesisir. Ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi pantai dan mengurangi dampak jika terjadi gelombang besar seperti tsunami.